Jumat, 13 Januari 2012

Dampak Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alamiah Dasar dalamKehidupan manusia


KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapakan kehadiran Allah Yang Maha Esa karena berkat rahmatNya karya tulis dengan judul “Dampak Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alamiah Dasar dalamKehidupan manusia“, dapat penulis selesaikan dengan baik.
Karya tulis ini disusun dengan dua maksud utama, yaitu : 1.      Apa pengertian dan hubungan mengenai ILMU ALAMIAH DASAR dan Teknologi? 2.      Bagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat ? 3.      Apa dampak positif yang dapat diambil dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin hari kian pesat ? 4.      Apakah ada akibat negatif yang ditimbulkan dengan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu maju pada saat sekarang ini? 5.      Bagaimana pandangan Kebudayaan sekarang mengenai masalah perkembangan teknologi dan ILMU ALAMIAH DASAR ini?
Penulis karya tulis ini bisa selesai tepat waktu berkat dorongan dan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan karya tulis ini.
Penulis menyadarai bahwa karya tulis ini masih terdapat kekurangan, baik dari aspek ini, sistematika penulisan, maupun dari aspek bahasa yang digunakan. Oleh karena itu, semua saran dan kritikan yang bertujuan memperbaiki karya tulis ini, penulis terima dengan senang hati.
Dan semoga karya tulis ini bermanfaat bagi penulis sendiri maupun bagi para pembaca. Penulis juga mohon maaf jika ada kesalahan kata-kata yang tidak berkenan di hati pembaca dan jika ada kebenarannya maka itu datanganya dari Allah SWT semata-mata. Amin... Ya Rabbal Alamin.


Gresik, 15 Juni 2011

(Penulis)




DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang ……………………………………………………………...............1
  2. Rumusan Masalah ………………………………………………………….................. 2
  3. Tujuan ………………………………………………………………………............... 2

BAB II PEMBAHASAN ..................................................................................................... 4

BAB III PENUTUP
  1. Kesimpulan ................................................................................................................. 17

DAFTAR PUSTAKA








BAB I
PENDAHULUAN
  1. LATAR BELAKANG
Ilmu alamiah dasar atau sering disebut Ilmu Alamiah ( IA ) sering disebut Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) dan akhir-akhir ini ada juga yang menyebut Ilmu Kealaman yang dalam bahasa Inggris disebut natural science atau disingkat science dan dalam bahasa indonesia sudah lazim digunakan istilah Sains, namun sebutan itu salah semua.
Ilmu Alamiah dasar merupakan ilmu pengeyahuan yang mengkaji gejala-gejala dalam alam semesta, ytermasuk bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar ( Basic Natural Science ) hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial.
Walaupun demikian Ilmu Alamiah Dasar membuat aneka cabang Ilmu-Ilmu yang lainnya, seperti ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial serta cabang-cabang yang lainnya.
Pada kesempatan kali ini penulis mecoba untuk mengkaji tentang perlunya kita belajar Ilmu Alamiah Dasar dan manfaat kita mempelajarinya.

  1. RUMUSAN MASALAH
Perumusan masalah penulis gunakan untuk menegaskan masalah-masalah yang akan dipaparkan, sehingga akan mempermudah penulis yang dilakukan dan sesuai sasaran yang diinginkan. Berdasarkan latar belakang dan permasalahan diatas, maka rumusan masalah adalah sebagai berikut :
    1. Mengapa kita perlu belajar Ilmua Alamiah Dasar ?
    2. Apa manfaat kita mempelajari Ilmu Alamiah Dasar ?

  1. TUJUAN
Karya ilmiah merupakan suatu metode ilmiah yang dilakukan untuk memaparkan apa yang telah ada dengan mencari fakta-fakta yang diperoleh dan menuliskannya . Tujuan penulisan dilakukan sebagai pemecahan dan jawaban atas rumusan masalah.
Tujuan penulis adalah :
    1. Untuk mengetahui alasan kita perlu belajar Ilmua Alamiah Dasar.
    2. Untuk mengetahui manfaat kita mempelajari Ilmu Alamiah Dasar .












BAB II
PEMBAHASAN
  1. ALASAN PERLU BELAJAR ILMU ALAMIAH DASAR
Pengalaman dari zaman ke zaman akan berakumulasi karena manusia mempunyai rasa ingin tahu atau kuriositas terhadap segalanya di alam semesta ini. Pengalaman merupakan salah satu cara terbentuknya pengetahuan, yakni kumpulan fakta-fakta. Pengalaman itu akan bertambah selama manusia ada dimuka bumi ini dan mewariskan pengetahuan itu kepada generasi berikutnya.
Pengetahun termasuk katagori ilmu pengetahuan jika kriteria berikut ini dipenuhi, yakni : teratur, sistematis, berobjektif, bermetode dan universal. Tujuan ilmu alamiah dasar menurut beberapa ahli adalah mencari kebenaran tentang objeknya, dan kebenaran tu bersifat relatif. Alam semesta sebagai obejek penelitian mempunyai objek yang sangat luas, misalnya aspek fisik, aspek kimiawi, aspek biologis dan lain sebagainya. Oleh karena itu , tidaklah mungkin ilmu alamiah dasar mampu mencapai seluruh kebenaran mengenai objeknya. Kebenaran yang dicapai oleh ilmu alamiah dasar hanya satu atau beberapa aspek saja sehingga aspek lain belum diketahui. Meskipun demikian, yang penting adalah sesuai dengan ilmu alamiah dasar, yakni mencapai kebenaran yang sesuai dengan objeknya. Secara umum, dapat dikatakan bahwa ilmu pengetahuan alamiah dasar harus objektif.
Untuk mencapai kebenaran, yakni penyesuaian antara pengetahuan dan objeknya, tidaklah terjadi secara kebetulan, tetapi harus menggunakan prosedur atau metode yang tepat, yaitu prosedur atau metode ilmiah (scientific method) . dengan prosedur ilmiah tersebut akan dicapai kebenaran yang merupakan keputusan atas objeknya, dan dirumuskan secara tertentu. Namun, keputusan mengenai keadaan, fisik, tingkah laku dan lainnya tidaklah bersifat khusus melainkan bersifat universal.
Pentingnya belajar ilmu alamiah dasar adalah untuk :
  1. memahami sejarah ilmu alamiah dasar, dengan mempelajarinya kita mampu belajar mengenai bagaimana terventuknya ilmu alamiah dasar mulai dari yang sederhana hingga sekompleks sekarang.
  2. mengetahui perkembangan ilmu alamiah dasar dengan mempelajarinya menjadi banyak percabangan ilmu pengetahuan. Ilmu alamiah dasar menjadi inti pokok dari perkembangan aneka ilmu pengetahuan. Seperti ilmu sosial yang bercabang menjadi sejarah, ekonomi dan lain sebagainya.
  3. memahami keterbatasan ilmu alamiah dasar. Ilmu alamiah dasar selain juga bermanfaat bagi umat manusia juga memiliki keterbatasan. Manusia yang mengembangkan ilmu pengetahuan, namuan ilmu pengetahuan yang dikembangkan menjadi ilmu alamiah dasar memiliki keterbatasan pemikiran. Sehingga, ilmu pengetahuan yang dikembangkan menjadi tidak sempura juga. Misalnya pengembangan nuklir. Nuklir yang juga mampu menolong umat manusia lewat energi yang dihasilkannya namun kebocoran nuklir mampu memustakan manusia itu sendiri.
  4. mengajari manusia untuk bertindak bijaksana. Ilmu alamia dasar yang terus saja berkembang seiring dengan pertumbuhan jumlah manusia dan sumber daya alam yang semakin berkurang. Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan manusia dituntut untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan sehemat mungkin, bukan dengan menggunakan secara boros.
Dengan menggunakan ilmu pengetahuan alamiah dasar dalam konteks pemanfaatannya manusia tidak diperkenankan untuk menggunakan sumber daya alam secara semena-mena. Mislanya batu bara yang diambil dari alam digunakan untuk pemanasan ruangan yang tidak perlu, penggunaan AC.
  1. mengajarkan manusia untuk belajar menanggulangi kerusakan lingkungan akibar tindakan manusia. Ilmu alamiah dasar mengajari manusia untuk bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukannya. Ekplorasi yang terjadi secara berlebihan menjadikan banyak bencana alam dan kerusakan lingkungan alam yang terjadi. Dengan ilmu alamiah dasar manusia belajar bahwa manusia tidak akan ada artinya tanpa adanya lingkungan yang mendukung segala macam aktivitasnya yakni alam. Segala kehidupan manusia bersumber dari alam dan jika alam mengalami kerusakan maka manusia juga mengalami gangguan. Misalnya : reboisasi, penghijauan dan lain sebagainya.
  2. mengajari bagaimana ilmu alamiah dasar sangat berperan bagi umat manusia. Dengan ilmu alamiah dasar kita mampu mengembangkan pikiran, menjawab segala pertanyaan yang timbul dari manusia, sekaligus ilmu alamiah dasar juga mampu memberikan kenyamanan dan juga kesenangan dengan lingkungannya. Dengan itulah manusia menggunakan ilmu alamiah dasar.

  1. MANFAAT ILMU ALAMIAH DASAR
Dalam kehidupan manusia dewasa ini tidak terlepas dari ilmu alamiah dasar dalam berbagai bidang baik itu ilmu alamiah maupun ilmu terapannya. Ilmu alamiah murni mungkin tidak langsung mempunyai pernanan dalam kehidupan manusia secara langsung, tetapi ilmu alamiah murni dengan ilmu terapan mempunyai hubungan yang erat.
Ilmu alamiah dasar merupakan sumber dari segala disiplin ilmu dan juga ilmu terapan memiliki banyak sekali manfaat bagi umat manusia. Disisi lain memang adanya kompleksitas ilmu alamia dasar yang dewasa ini sangat berkembang mempunyai dampak negatif. Oleh karena itu kesadaran dan tanggung jawab manusia itu sendiri jika perlu ikut ditingkatkan untuk kepentingan bersama dan tanggung jawab manusia itu sendiri.
Manfaat ilmu alamiah dasar bagi umat manusia diantaranya adalah :
    1. dengan adanya ilmu alamiah dasar timbul berbagai macam ilmu pengetahuan lainnya yang merupakan perkembangan dari ilmu alamiah dasar.
    2. ilmu alamiah dasar juga mengajari manusia untuk menciptakan tehnologi yang menunjang kehidupannya, mempermudah aktifitasnya dan membuatnya nyaman dengan lingkungannya.
    3. ilmu alamiah dasar juga mengajari manusia untuk bertahan dengan kondisi alam yang kurang bersahabat. Misalnya bagaimana cara membangun rumah yang tahan dengan gempa bumi, bajin dan lain sebagainnya.
    4. ilmu alamiah dasar juga mengajari manusia untuk mengelola berbagai sumber daya alam di muka bumi. Misalnya batu bara, minyak bumi, gas alam dan lainnya.
    5. ilmu alamiah dasar dengan disiplin ilmunya mampu membuat berbagai tehnologi yang mampu menyejahterakan umat manusia. Misalnya dengan komunikasi via satelt manusia mampu menggunakan handphone untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Dengan tehnologi juga manusia mampu mendirikan indutri yang berusaha menghasilkan kebutuhan manusia baik materi ataupun lainnya, berusaha untuk mecukupi kebutuhan manusia yang jumlahnya semakin banyak dan sumber daya alam yang terbatas dengan menemukan alternatif-alteratif lainnya.
    6. ilmu alamiah dasar juga mengajari manusia untuk lebih beradap dalam menjalani hubungannya dengan mahluk lainnya.






BAB III
PENUTUP
  1. KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan yang diuraikan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
Pentingnya belajar ilmu alamiah dasar adalah untuk :
    1. memahami sejarah ilmu alamiah dasar.
    2. mengetahui perkembangan ilmu alamiah dasar dengan mempelajarinya menjadi banyak percabangan ilmu pengetahuan.
    3. memahami keterbatasan ilmu alamiah dasar. Ilmu alamiah dasar selain juga bermanfaat bagi umat manusia juga memiliki keterbatasan.
    4. mengajari manusia untuk bertindak bijaksana.
    5. mengajarkan manusia untuk belajar menanggulangi kerusakan lingkungan akibar tindakan manusia.
    6. mengajari bagaimana ilmu alamiah dasar sangat berperan bagi umat manusia.
Manfaat ilmu alamiah dasar bagi umat manusia diantaranya adalah :
  1. dengan adanya ilmu alamiah dasar timbul berbagai macam ilmu pengetahuan lainnya.
  2. ilmu alamiah dasar juga mengajari manusia untuk menciptakan tehnologi yang menunjang kehidupannya.
  3. ilmu alamiah dasar juga mengajari manusia untuk bertahan dengan kondisi alam yang kurang bersahabat.
  4. ilmu alamiah dasar dengan disiplin ilmunya mampu membuat bergagai tehnologi yang mampu menyejahterakan umat manusia.
  5. ilmu alamiah dasar dengan disiplin ilmunya mampu membuat berbagai tehnologi.
  6. ilmu alamiah dasar juga mengajari manusia untuk lebih beradap



  1. SARAN
Berdasarkan berbagai permasalahan yang terjadi dari pembahasan diatas, ada beberapa saran yang perlu diperhatikan, sebagai berikut :
    1. belajarlah sejarah ilmu alamiah dasar, mengetahui proses terbentuknya ilmu-ilmu yang kita pelajari kita mampu untuk menunjukan penghargaan yang lebih pada ilmu pengetahuan yang kita pelajari kini.
    2. lebih bijak sana menggunakan sumber daya alam yang ada.
    3. memahami kekurangan dan kelebihan ilmu pengetahuan, dengan begitu kita tak sembarangan memanfaatkan ilmu penetahuan.



DAFTAR PUSTAKA

Toyibin Aziz, M. 2007. Saint of Education. Jakarta : Rieneka.
Sulaiman Setiawati, Sejarah Ilmu Pengetahuan. Bandung : Balai Pendidikan Guru.
Jasin.Maskoeri, 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta :Rajawali Pers
Stokes, William Lee, 2002, Hukum Lingkungan, Jakarta : Sinar Grafika




1 komentar:

  1. bagus banget makalah mbak..
    ijin koppas ya mbak untuk bahan ajar pengantar mata kuliah bapak saya
    maturnuwun, terima kasih
    ibad (081548805548)

    BalasHapus